blog

Tempat Wisata Populer di Bali: 5 Tempat Menyelam Terbaik di Bali

    Tempat Wisata Populer di Bali: 5 Tempat Menyelam Terbaik di Bali
Pulau Bali terkenal dengan pantainya yang indah serta memiliki pasir berwarna keemasan dan airnya laut sebening kristal. Namun, Anda tahu bahwa tujuan wisata nomor satu di Indonesia juga memiliki keindahan lain yang tidak kalah indah. Uniknya, keindahannya berada di bawah laut yang belum tersentuh oleh siapa pun. 

Pulau Bali telah menjadi salah satu surga bagi penggemar diving. Kebanyakan Penyelam terpesona di antara atmosfer misterius bangkai kapal karam, dengan terumbu karang dan air yang jernih. 

Nah, bagi mereka yang berniat mengikuti jejak penyelam dari seluruh dunia yang telah menikmati keindahan dunia bawah laut di Bali, berikut lima tempat menyelam terbaik di pulau Bali: 

Candi Dasa 

Populer sebagai daerah wisata, kota di timur Bali ini menawarkan pesona bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Nikmati Gili Tepekong, sekelompok pulau kecil dengan kehidupan bawah laut yang menawan. 

Berbagai karang lunak dan kipas laut berwarna-warni akan menghibur hati. Demikian pula ikan kelelawar (batfish) adalah ikan emas besar. Gili Mimpang adalah tempat untuk melihat hiu karang tetapi jika Anda ingin bermain dengan sekelompok besar ikan ekor kuning maka Gili Biaha harus dikunjungi. 

Pulau Menjangan (Pulau Rusa) 


Pulau ini terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tempat ini berada di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, jarak nya urang lebih 60 km dari Lovina. Anda akan melakukan perjalanan sekitar 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar. 

Pulau kecil yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat ini dikelilingi oleh karang besar dan kecil yang merupakan habitat penyu laut, belut laut, ikan kakap dan kelelawar. Yang menarik, karang-karang tersebut terletak cukup dekat dari garis pantai untuk dijelajahi oleh hanya snorkeling. Para penyelam mengeksplorasi lebih dalam untuk melihat terumbu karang raksasa dan penggemar raksasa. 

Nusa Penida 

Selama di dekat Selat Lombok, pulau ini menawarkan surga untuk penyelam profesional yang ingin melihat mola-mola dan manta. Ada beberapa tempat menyelam yang terkenal, termasuk Toyapakeh yang jernih dan memiliki terumbu karang yang indah dan Crystal Bay dengan anemon dan berbagai karang lunak. 

Malibu Point juga dikenal sebagai tempat untuk melihat manta besar dan ikan mola utamanya dari bulan Juli hingga September. Pulau Nusa Lembongan yang berdekatan juga memiliki beberapa tempat menyelam yang menarik. 

Teluk Pemuteran 

Lanskap menawan lima gunung di pulau Jawa dikombinasikan dengan terumbu karang terbesar di pulau Bali membuat tempat ini sangat istimewa. The Divers akan menyukai Napoleon Reef, tempat menyelam dengan taman karang yang lembut dan karang bercabang berangin dan Close Encounter yang dihiasi dengan nudibranch warna-warni. Masih ada sekitar 4 situs penyelaman lainnya di mana Anda dapat melihat hewan laut yang unik seperti kuda laut mini dan zi misterius. 

Tulamben 

Tempat ini berada di kaki Gunung Agung dan merupakan tempat menyelam paling populer di Bali. Pada tengah hari Tulamben penuh dengan wisatawan yang ingin mengunjungi reruntuhan USS Liberty, sebuah kapal milik Amerika Serikat yang tenggelam sekitar 70 tahun yang lalu selama Perang Dunia II. Reruntuhan ini adalah rumah bagi sejumlah biota laut dan merupakan favorit penggemar fotografi bawah laut dan sudut lebar. Beberapa ratus meter lebih dalam ada lokasi Seraya Secret yang berpasir hitam, tempat favorit bagi fotografer bawah laut yang datang untuk melihat udang harimau, harlequin, pipefish, dan nudibranch langka. 

Lovina Beach 

Dekat ujung utara pulau Bali terletak hamparan desa. Pantai Lovina adalah namanya. Lovina benar-benar merupakan serangkaian desa pesisir di sebelah barat Singaraja. Melarikan diri dari hiruk-pikuk Kota ke Pantai Lovina yang terletak di Bali utara, sekitar 100 kilometer dari hot spot turis selatan. Tempat ini terkenal sebagai tempat yang sangat baik untuk menyaksikan matahari terbenam, snorkeling, dan menyelam. Sangat indah, Lovina menawarkan ketenangan dan ketenangan, dan merupakan turis populer di Asia dan mereka yang menghindari hiruk-pikuk pantai selatan. Sejumlah teluk menawarkan perairan yang tenang, terlindung dan Lovina adalah salah satunya. Meskipun pasirnya berwarna abu-abu, ia tenang dan damai, dan populer di antara mereka yang menghindari resor pantai mewah di selatan. Ini adalah tempat yang populer untuk menonton lumba-lumba, lumba-lumba bermain di air lepas Lovina. Terkenal untuk perjalanan perahu menyaksikan lumba-lumba di pagi hari, Lovina juga menawarkan snorkeling dan menyelam yang bagus, dan trekking di pegunungan terdekat. Menyelam di Pulau Menjangan, bagian dari Taman Nasional Bali Barat, umumnya dianggap sebagai yang terbaik di Bali. Kapal sudah tersedia untuk membawa penyelam ke pulau, di mana tidak ada penghuni atau hotel. 

Kegiatan kehidupan malam juga berlimpah, serta perahu sewaan untuk pergi ke laut. Jika kita suka apa yang ditawarkan Kota tetapi tidak suka orang banyak. Dengan berbagai hotel, restoran, dan bar yang indah yang terletak di atau sangat dekat dengan pantai yang tenang, Lovina menawarkan sesuatu untuk semua orang. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk melakukan perjalanan sehari ke tempat-tempat terdekat di Bali utara dan barat.